Langsung ke konten utama

tafsir ayat al maidah ayat 35

Haloo hallo kembali kepada aku yang bodoh dan sok tahu bahkan saya lebih bodoh dari anak yang belum lahir. Jujur saja saya orang yang buruk daripada itu. Tapi saya bahagia karena anda membaca ini dari orang yang buruk ini 

Saya adalah orang yang lamban mikir, susah menghaphal, lama memahami sesuatu itu bahkan saya butuh waktu 1 tahun lebih buat paham perkalian 1-10 itu pun harus bersungguh-sungguh (bahkan sholat saja saya malah mikirin perkalian haha). Umur saya sudah tua tapi saya banyak tidak taunya. Bahkan buruknua aku tidak mengenal diriku, aku tidak menganal tuhanku dan aku tidak mengenal nabiku bahkan agamaku. Bahkan aku tidak bisa bikin satu kalimat dan satu paragraf dengan benar. Haha maaf 

Oke untuk kali ini aku mentafsir 1 ayat di al qur an tentang berusaha, perlu kalian ingat aku itu bodoh dan orang yang buruk tapi aku menulis ini tidak ada niatan buruk untuk yang baca murni hanya ingin menyampaikan pendapatku jika ada yang tidak setuju silahkan ajarin saya tapi maaf jika ajaran anda akan saya pahami sangat lama saya itu sangat lama memahaminya mungkin 3x lipat lebih lamban dari yang anda duga. Jadi terima kasih atas kesediaanya membaca ini dan membantuku 

Jamuan (Al-Mā'idah):35 - Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.

Tafsir yang menurut saya, sebelum itu saya saya mencintai Allah aku cinta padanya jadi aku Terima kasih telah di beri waktu menulis dan memposting ini dan terima kasih pada nabi Muhammad yang telah menyebarkan Islam hingga sampai padaku 

Apa itu iman? 
Iman adalah seseorang yang mempercayai/ yakin kepada tuhannya 

Apa itu taqwa? 
Taqwa adalah seseorang yang menjalankan semua perintah tuhanya dan menjauhi larangannya 

Apa itu jalan? 
Jalan adalah sebuah perjalanan/alat untuk kita menggapai sesuatu itu 

Lalu apa jalan mendekati diri pada seseorang/tuhan? 
Yaitu sebuah keinginan kita dengan bertujuan kita mengikuti apa yang di lakukan sesorang itu untuk bisa melampuinya atau paling tidak (minimal) bisa sentara denganya/dekat dengannya 

Lalu apa itu jihad? 
Jihad adalah mengorbankan diri sendiri untuk menggapai/ menaiki derajat (instant) di hadapan Tuhannya 

Jihad adalah saat seseorang memerangi sesuatu kebatilan/keburukan hingga kebatilan/keburukan itu musnah/hilang/lenyap hingga supaya kebenaran tegak walau harus mengorbankan diri sendiri (termasuk harta benda dan waktu) 

Apa itu orang beruntung? 
Orang beruntung adalah orang yang menggapai apa apa saja yang ia inginkan 

Kesimpulan:
Kesimpulan yang saya ambil adalah ayat itu untuk orang yang ber agama Islam mempercayai Allah sebagai Tuhannya lalu menjalankan semua larangannya dan selalu mengutamakan kebernaran( yang sesuai dengan keinginan/ke imanannya (yang di mana untuk dirinya sendiri)) dan selalu melawan/memerangi/menyingkirkan kebatilan/keburukan (untuk dirinya sendiri) maka ia dengan mudah mendapatkan apa yang ia ingin lakukan (itulah orang beruntung) 

Contohnya:
' Orang melaksanakan sholat '

Orang yang artinya pribadi atau seseorang yang artinya orang itu harus lah memiliki keyakinan/kepercayaan pada tuhannya dan mengetahui apa yang di perintah oleh Allah dan menjauhi apa larangannya

Orang itu harus lah memiliki iman dan taqwa pada dirinya atau paling tidak ia harus lah memiliki iman pada dirinya

Melaksanakan bisa di artikan kita ingin melakukan sesuatu untuk memggapai sesuatu itu yang artinya bahwa kata melaksanakan bisa di artikan jalan. Jalan pasti akan banyak halangan halangan untuk sampai tujuan karena itulah kita harus menyingkirkan halangan itu atau menghadapi semua kesulitan/hadangan di jalan itu artinya kalau kita jalan kita haruslah mengorbankan sesuatu untuk melawan/menyingkirkan halangan itu supaya kita dapat mengapai apa yang kita inginkan

Setelah itu kita mendapatkan apa yang di ingin kerjakan atau di dapat yang dimana dalam kasus ini sholat (melaksanakan sholat) yang artinya ia orang beruntung yang dapat melaksanakan sholat karena ia dapat melawati/menghadapi semua yang menghalanginya. Karena tidak semua orang bisa menghadapinya dan juga tidak semua orang dapat melaksanakan sholat karena berbagai alasan. Orang melaksanakan sholat itu adalah orang beruntung yang telah di berikan kemampuan untuk menggaapai itu karena banyak sekali orang yang tidak bisa 

Kesimpulan saya artinya bahwa jadilah orang yang beriman serta selalu melaksanakan apa kewajibanmu dalam agama dan keluarga lalu bersungguh-sungguh lah kamu terhadap apa yang kamu inginkan dan janganlah berhenti saat sudah menjalankannya / berada di jalan itu. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tafsir ayat surah 11 ayat ke 8

Tafsir menurut saya pribadi tentang surat ke 11 ayat ke 08  08. Dan sesungguhnya jika Kami undurkan azab dari mereka sampai kepada suatu waktu yang ditentukan. niscaya mereka akan berkata: "Apakah yang menghalanginya?" lngatlah, diwaktu azab itu datang kepada mereka tidaklah dapat dipalingkan dari mereka dan mereka diliputi oleh azab yang dahulunya mereka selalu memperolok-olokkannya. Tafsir menurut padangan saya Ini adalah tamparan keras dan peringatan sangat kencang untuk saya melakukan keburukan dan meminta sesuatu yang buruk untuk yang baik. Tapi ayat ini juga menjelaskan bertapa baiknya allah pada makhluk ciptaan nya dan bertapa sayangnya allah pada makhluk ciptaannya. Allah menunda azab untuknya hingga ia mengetahui dirinya salah dan kembali padanya dan juga allah baik untuk orang yang keras kepala ia tau salah ia tau semua itu akan terjadi ia juga tau tentang itu tapi ia tidak ingin memhaminya ia tidak mau menerimanya dan ia juga tidak mau kembali pada allah hingga ia

saya itu hanyalah seorang pemalas

(Al-'Isrā'):46 "dan Kami adakan tutupan di atas hati mereka dan sumbatan di telinga mereka, agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila kamu menyebut Tuhanmu saja dalam Al Quran, niscaya mereka berpaling ke belakang karena bencinya“  menurut saya dari terjemah Kamu itu bodoh tolol tapi kamu tidak mau mendengar atau memahami Sekitarmu dan setiap ada nasehat kamu dari al qur an malah tidak mendengar malah cuek bahkan malah kabur itu semua hanya gara gara Egomu saja  Kesimpulan: Haha ya aku tolol masih berharap tentang imam Mahdi aku memang tolol padahal sudah tau gw orang bego haha dasar tolol 

tafsir saya surah ke 11 ayat ke 53

Tafsir menurut saya surah ke 11 ayat ke 53 yang berbunyi : لِّيَجْعَلَ مَا يُلْقِى الشَّيْطٰنُ فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ وَّالْقَاسِيَةِ قُلُوْبُهُمْۗ وَاِنَّ الظّٰلِمِيْنَ لَفِيْ شِقَاقٍۢ بَعِيْدٍ ۙۙ  53. Dia (Allah) ingin menjadikan godaan yang ditimbulkan setan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang dalam hatinya ada penyakit dan orang yang berhati keras. Dan orang-orang yang zalim itu benar-benar dalam permu-suhan yang jauh, Maksud ayat itu menurut saya adalah .... ( terseyum) ini untuk diriku sih sebenarnya tapi jadi gini ini ayat membahas bertapa sulitnya orang menyentuh , bergerak dan mengingat allah. Ia hanya fokus pada apa yang di sukai dan ia juga berfokus pada apa yang dia derita entah itu masalah fisik ataupun rohaninya. padahal mereka tau jika terus begitu membuat dia bingung, khawatir, dan cemas akan apa yang akan di lakukannya ke depannya dan ia juga tau hal gelap apa yang akan terjadi ke depannya yang ujung ujungnya dia menzalimi tubuhnya sendir